Sunday, May 16, 2010

Aneka Hidangan yang digoreng

Asuhan : Nyonya Rumah
Gorengan tidak terbatas pada pisang goreng ataupun ubi goreng, tetapi dapat juga tampil menarik berupa gorengan yang diisi daging dan bumbu lainnya. Dengan sedikit kesabaran, Anda dapat membuatnya sendiri.

BAKWAN UDANG



Keperluan : 100 gr udang, pilih yang kecil, buang kepalanya, 200 gr taoge, 2 btg daun bawang iris halus, 100 gr tepung terigu, ½ sdt baking powder, ½ sdt garam, ¼ sdt merica, 3 siung bawang putih, gerus, 1 btr telur kocok lepas, 150 cc santan. Minyak untuk menggoreng, 2 buah sendok sayur.

Cara Membuatnya : Tepung dicampur dengan baking powder, bubuhi santan dan telur yang sudah dikocok, aduk-aduk sampai rata, bubuhi bahan lainnya kecuali udang. Panaskan banyak minyak di wajan, celupkan sendok sayur ke dalam minyak sampai cukup panas, angkat, isi dengan adonan bakwan, taruh di permukaan 3-4 udang, celupkan kembali di minyak panas. Jika sudah ½ matang, lepaskan dari sendoknya, goreng sampai matang, angkat. Sisa adonan digoreng seperti tersebut. Bakwan dihidangkan dengan cabe rawit.

PASTEL GORENG

Keperluan : Untuk Kulit: 250 gr tepung terigu, 3 sdm minyak goreng, 1 btr telur ayam, ½ sdt garam, air hangat kuku secukupnya.

Untuk Isi : 1 dada ayam, rebus, potong-potong, 2 wortel parut kasar, 50 gr buncis muda, iris tipis bulat, 25 gr suun, rendam, iris-iris.

Bumbu : Garam, merica, penyedap, 4 bawang merah iris tipis, 2 siung bawang putih cincang, 2 btg daun bawang iris halus, 1 sdm tepung kanji larutkan dengan 2 sdm air, 3 sdm minyak untuk menumis.

Cara Membuatnya : Kulit: Semua bahan disatukan, ratakan, lalu bubuhi air hangat kuku sampai adonan cukup lemas untuk dipulung. Pulungi bulat-bulat sebesar buah duku, lalu tipiskan. Usahakan supaya bentuknya tetap bulat. Isi dengan isian yang sudah disiapkan, tekuk, lalu bagian sambungan dipulas air supaya merekat. Rapatkan dengan dipilin-pilin. Goreng sampai kuning keemasan.

Isi : Dua macam bawang ditumis sampai harum baunya, lalu masukkan bahan-bahan lainnya, kecuali suun. Bubuhi bumbu-bumbu, aduk-aduk sampai wortelnya matang. Masukkan suun dan larutan tepung kanji, ratakan, lalu angkat. Pada isi dapat ditambah seiris telur rebus jika dikehendaki.

MARTABAK MINI

Keperluan : Untuk Kulit: 50 gr tepung terigu, 2 butir telur ayam, ½ sdt garam, 1/3 sdt merica, 500 cc air, minyak atau margarin untuk memulas wajan.

Untuk Isinya : 250 gr daging giling, 4 btg daun bawang, iris halus, 1 bawang bombai yang sedang besarnya, cincang, garam, merica secukupnya, 6 btr telur ayam, kocok lepas, margarin.

Cara Membuatnya : Telur dikocok sebentar, campurkan kepada tepung, aduk-aduk sambil dibubuhi air sampai merupakan adonan yang rata dan cair, bubuhi garam dan merica, saring. Buat dadar tipis-tipis dengan wajan Teflon berukuran 12 cm.

Isinya : Panaskan 2 sdm margarin, tumis bawang bombai sampai layu, masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna. Campurkan ini ke telur kocok, bubuhi irisan daun bawang, dan bumbu-bumbu, ratakan.

Menyelesaikannya : Ambil 1 lembar kulit, isi dengan isian yang sudah disiapkan, lipat menyerupai amplop. Goreng sampai kuning kecoklatan. Dihidangkan dengan acar ketimun dan bawang merah.

Sumber : kompas.com - kompas cetak

No comments:

Post a Comment

Any comments send to my e-mail : indonesiabiznet@gmail.com