Sunday, May 16, 2010

Jajanan dari Ubi & Singkong

Penganan berbahan ubi dan singkong mempunyai citarasa yang khas sehingga jajanan murah meriah ini tetap disukai baik oleh orang tua maupun muda. Sentiling: Mungkin banyak di antara pembaca yang tidak mengenal penganan ini. Betul sekali, jajanan ini sudah hampir terlupakan. Mari kita buat bersama.

SENTILING
Keperluan :
- 1/2 kg singkong kupas, parut
- gula pasir semanisnya
- sedikit garam
- kesumba berwarna merah, kuning, dan hijau
- kelapa parut yang sudah dibubuhi garam bungkus daun lalu kukus.

Cara membuat : Parutan singkong dibubuhi sedikit garam dan gula semanisnya, lalu bagi 3. Tiap bagian diberi warna merah, kuning, dan hijau. Sediakan langseng, alas daun pisang, taruh adonan sedemikian hingga tidak tercampur satu sama lain, ratakan lalu kukus sampai matang. Jika sudah dingin potong-potong, gulingkan pada kelapa parut, hidangkan.

KELEPON UBI
Keperluan :
- ubi rebus yang warnanya putih
- gula jawa
- tepung kanji
- kelapa parut
- garam
- pewarna hijau.

Cara membuat : Ubi panas-panas dikupas, lalu haluskan, bubuhi tepung kanji sampai adonan cukup lempas untuk dipulung. Beri warna lalu ratakan. Pulungi bulat-bulat sebesar telur puyuh isi dengan gula jawa yang sudah diiris-iris, bulatkan pula. Jika semua pekerjaan sudah selesai, didihkan air, bubuhi sedikit garam. Kelepon direbus dalam air tersebut. Jika sudah terapung, tiriskan, lalu gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus dan dibubuhi sedikit garam, hidangkan.

LAPIS SINGKONG
Keperluan :
- 1/2 kg singkong, kupas, parut
- 2-3 sendok makan air gendar (semacam air ki, jika tidak ada, boleh pakai air ki > air abu, cukup +2 sdm)
- kelapa parut yang sudah dibubuhi sedikit garam dan dikukus,
- juruh gula jawa.

Cara membuat : Parutan singkong dibubuhi air dan garam sampai cukup asinnya, aduk-aduk sampai rata, bungkus panjang-panjang dengan daun pisang seperti bungkusan lontong, lalu kukus sampai matang betul. Jika sudah dingin dipotong-potong setebal jari. Taburi kelapa parut lalu alirkan juruh gula jawa di atasnya.

Juruh Gula Jawa : - 300 gr gula jawa direbus dengan 100 cc air, sampai larut, lalu saring.

BOLA - BOLA UBI
Keperluan :
- 1/2 kg Ubi
- 1/2 butir kelapa yang agak muda, diparut
- 1/2 sdt garam
- gula jawa semanisnya
- tepung kanji
- minyak goreng.

Cara Membuat : Ubi rebus sampai matang, panas-panas dikupas lalu dilumatkan. Bubuhi kelapa parut, garam, dan irisan gula jawa, ratakan, tambahkan tepung kanji sampai adonan cukup lemas untuk dipulung. Pulungi bulat-bulat sebesar buah dukuh, gulingkan ke tepung kanji. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang.

No comments:

Post a Comment

Any comments send to my e-mail : indonesiabiznet@gmail.com